Home

Tentang Ngrumpi dan PNS

Apakah saya terlalu cerewet??
mungkin iya, namun hanya sebatas di dunia yang ga nyata (??) di mana tidak semua orang dapat mendengar kecerewetan saya, tidak semua orang tahu ocehan-ocehan ga penting saya. Karena memang tidak semua orang bisa mengerti dan memahami jalan pikiran saya.


Bahkan saya sebenernya orang paling nyinyir dibanding mereka-mereka yang sering saya dengarkan ocehan dan rumpian-rumpian mereka, hanya saja saya tidak mengungkapkannya secara langsung. saya hanya menyimpannya atau paling banter menuliskannya di dunia maya yang rekam jejaknya tidak bisa terhapus. (sebenarnya agak riskan ya, tapi mau gimana lagi ini juga yang bikin saya nyaman)


Termasuk salah satunya nyinyirin tetangga. Seperti kemaren saat saya sedang momong Zidan dan ngumpul dengan ibu-ibu yang sedang ngrumpi, temanya tentang mas ganteng sebelah rumah yang sudah umur 29 tapi belum nikah juga. TApi bukan karena belum nikahnya yang diomongin (udah bosen kali ya, lagian laki-laki umur segitu menurut saya belum terlalu telat nikah, dang a perlu diomongin juga), masnya diomongin karena nolak tawaran ibunya untuk jadi PNS dengan biaya sekian ratus juta dengan alas an ndak halal. Padahal tetangga yang lain yang baru diangkat kemaren juga pake nyogok, Bu guru yang ngajar di situ juga nyogok. Dalam hati  saya membatin “Bagus dong masnya punya prinsip, ga cuman ikut-ikutan dan mumpung ada yang nawarin” tapi kata tetangga masnya ini sok lurus terlalu kaku dll dan masih ditambahin ‘jaman sak’iki kabeh mergawe yo nganggo duwek’. Pengen banget saya bilang “aku ga pake nyogok, dan ga pake orang dalam lho untuk kerja, ya meskipun saya kerjanya di swasta dan bidang kerja ecek-ecek, sepupuku yang jadi guru PNS ga nyogok sama sekali lho, Sodaraku B kerja di dinas (masih PNS juga) ga pake nyogok, sodaraku Mas C jadi Polisi ga pake nyogok” setidaknya memperluas pola pikir beliau-beliau sekalian tapi.. ya sudahlah gak jadi. Cukup diam dan memperhatikan dan sebenarnya takut dibilang –kakehan umuk-  karena yang saya ceritakan sodara saya semua..hahaha (Lha piye, wong orang yang tak kenal dan saya tau seluk beluknya elek apike ya sodaraku)

Mungkin saya tidak sealim, se istiqomah, secerdas dan sepintar masnya tapi saya mendukung keputusan masnya ini. Bukan karena saya sok-sokan baik tapi memang rasanya ada yang ga pas kalo kita kerja dari hasil nyogok! Lagian kalo saya punya duit banyak ngapain gitu dibuang-buang buat menyandang status PNS. Saya yakin Ibu-ibu yang saya sebut tadi sebenernya paham dan jauh lebih bagus ilmu agamanya dibanding saya tapi kenapa ya.. beliau-beliau ini ga sadar bahwa itu (nyogok buat jadi PNS) gak bener, apa karena nyogok ini sudah membudaya bahkan sudah mendarah daging dikehidupan kita?? Jadi meskipun tiap hari sholat 5 waktu di mushola, tahlilan seminggu sekali dan ikut pengajian di manapun tetep ga bisa membuka pikiran beliau-beliau sekalian. Dan Ibu’e masnya tadi istrinya pak kyai lho… kog ya bisa-bisanya khilaf.

Diluar halal-haramnya coba dipikir lagi, nyogok itu sendiri sebenernya sudah ga bener menurut saya, itu kan ngrebut hak orang lain. Yang seharusnya jadi PNS dengan hasil murni tes jadi ga keterima kalah sama yang punya uang. Belum lagi kalo ketipu, sayang duitnya kaliiii..
Karena banyak juga sebenernya oknum yang sengaja “minta upah” memasukkan si calon PNS tadi padahal sebenernya si calon tadi memang sudah keterima dengan kemampuan mereka sendiri. Masih mending sih itu karena ga sedikit juga yang ditipu mentah-mentah PNS hilang Uang ratusan juta melayang. Jadi Ibu-ibu jangan di ceng-in lagi deh masnya, wong masnya emang beneran alim kog. Kalo saja saya punya anak cewe saya juga mau punya mantu kaya masnya itu. Hahaha.

sebagai catatan, saya juga pernah ikut seleksi dan sebenernya pengen jadi PNS (naksir sama pensiun di hari tuanya itu) tapi kalo musti pake nyogok.. gak ah, gak punya duit dan takut sama Atasan Yang Paling Tinggi Yang sewaktu-waktu bisa mecat saya dari Dunia. Sekian dulu nyinyirnya. Wassalam…. :D


Tidak ada komentar:

copyright © Qiaramint