Home

Brownies Kukus Ny. Liem



Sudah April...
"rumahnya" sudah berdebu yak saking seringnya ditinggal. oke hari ini posting makanan lagi ya, ini buatnya sudah lama sekali sih sebenernya kalo ga salah inget malah weekend terakhir di bulan maret kemaren.. hehe
sudah lama ga bikin brownies, biasanya sekalinya bikin bakal bikin terus sampe eneg sama yang namanya cokelat.. dan benar saja setelah buat brownies ini selalu ada sesi-sesi brownies berikutnya alesannya ngabisin stock tepung dan cokelat bahan brownies.
oke langsung saja, ini sesi pertamanya karena beneran kangen jadi sabtu sore langsung bikin brownies kukus favorit dan murmer ini..


foto diambil dari Instagram



Penampakannya kurang begitu nyoklat yak, ga tau kenapa… biasanya ga begini padahal
Tekstur di foto itu juga kayaknya kasar, mungkin karena efek pemanggangan setelah dikukus (Jangan ditiru, ini emang saya lagi kurang kerjaan dan pengen toping keju kering aja). Tapi percaya deh, resep Ny. Liem ini bisa dibilang anti gagal dengan catatan takarannya pas.. :D



Langsung saja ini step by stepnya (sayang tanpa foto, tapi ini bukan hoax kog..:D)
- untuk catatan sendiri –

Bahan I :
3 butir telur
100 gr gula pasir
sejumput garam
5 gr cake emulsifier (saya ga pake)
sejumput vanili bubuk
Bahan II :
65 gr terigu protein sedang
25 gr coklat bubuk
sejumput baking powder double action

Bahan III (cairkan) :
90 ml minyak sayur
50 gr dark cooking chocolate

Bahan IV :
75 ml susu kental manis(saya pake SKM cokelat)

How To :

  • Siapkan kukusan
  • Kocok Bahan I hingga mengembang
  • Campurkan bahan II aduk balik agar adonan telur yang sudah mengembang tidak turun
  • Masukkan Bahan III, sebelumnya dinginkan terlebih dahulu agar telur tidak matang saat tercampur dengan bahan III
  • Ambil 1/3 bagian campur dengan bahan IV
  • Masukkan 1/3 adonan ke cetakan yang sebelumnya sudah diberi kertas roti, atau bisa digantikan dengan mentega kemudian taburkan tepung terigu(sebagai pengganti kertas roti)
  • ketok/banting adonan agar rata, masukkan ke kukusan. Pastikan uap sudah banyak dan panas tutup biarkan 10 menit. (agar air tidak menetes tutup dandang harus dilapisi dengan kain)
  • tambahkan adonan yang dicampur dengan skm biarkan 5 menit, kemudian masukkan sisanya dan kukus sampai matang, kira-kira 40 menit. setelah matang langsung keluarkan dari dandang dan biarkan dingin baru kemudian keluarkan dari cetakan

*sedikit catatan saat mengukus gunakan api sedang agar permukaan brownies tidak bergelombang dan jangan membuka-tutup dandang..

 












copyright © Qiaramint